Beranda > Perkuliahan > Pelengkap Pakan Tak Bergizi

Pelengkap Pakan Tak Bergizi

Senin, 4 Agustus 2008

Ransum ayam broiler dan ayam petelur disusun sedemikian rupa sehingga mengandung konsentrasi zat-zat makanan maksimum yang dapat diperoleh dengan harga layak untuk pertumbuhan, produksi dan efisiensi penggunaan ransum maksimum. Untuk menjamin bahwa zat-zat makanan tersebut ditelan, dicerna, dilindungi dari kerusakan, diserap dan diangkut ke sel-sel tubuh, maka pelengkap makanan tak bergizi tertentu telah dimasukkan ke dalam ransum sebagai tambahan sampai suatu konsentrasi optimum dan keseimbangan zat-zat makanan tersebut tercapai.

Ada sejumlah zat yang bila ditambahkan ke dalam ransum dalam jumlah sangat sedikit dan dalam keadaan stress tertentu, menaikkan pertumbuhan atau produksi telur dan memperbaiki efisiensi ransum. Zat-zat tersebut tidak bekerja sebagai zat-zat makanan akan tetapi mengawasi mikroorganisme dan mempengaruhi metabolisme sedemikian rupa sehingga zat-zat makanan dapat berfungsi lebih efisien. Karena pelengkap makanan tak bergizi digunakan dalam jumlah yang sangat sedikit, maka zat tersebut terlebih dahulu perlu dicampur betul-betul sebelum diaduk ke dalam ransum. Perlu diperhatikan, agar zat-zat yang dimasukkan ke dalam premiks satu dengan lainnya tidak bereaksi dan mengakibatkan kerusakan potensi masing-masing.

Perkembangan suatu carrier merupakan salah satu faktor terpenting dalam merancang pelengkap makanan. Bila carrier tersebut merupakan butir-butiran yang umum digunakan dalam ransum, biasanya tidak ditemui banyak kesulitan. Cara menggiling butir-butiran yang akan digunakan sebagai carrier dapat mempengaruhi pencampuran zat-zat mikro. Bila carrier tersebut terlalu kasar, akan dapat menimbulkan penyebaran zat-zat mikro tidak akan merata dan bila terlalu halus akan terjadi penggumpalan.

Karena terlalu banyak zat-zat mikro dihasilkan dalam bentuk bubuk, kesanggupan carrier untuk bercampur dengan bubuk tersebut adalah penting sekali. Biasanya zat-zat mikro berbentuk bubuk melekat dengan baik pada bagian-bagian carrier yang lebih tidak teratur dan melekat tidak begitu baik pada permukaan licin.

Blogger Labels:

Kategori:Perkuliahan
%d blogger menyukai ini: