Beranda > Lain-lain > E-Library untuk mendukung pelestarian hutan dan mencegah pemanasan global

E-Library untuk mendukung pelestarian hutan dan mencegah pemanasan global

Beberapa bulan yang lalu, secara resmi web chickaholic membuat sebuah perpustakaan elektronik atau juga disebut dengan e-library yang berisi e-book (buku elektronik) gratis tentang dunia perunggasan. Karena konsep e-book adalah buku elektronik dan untuk mendapatkannya serta membacanya dilakukan dengan menggunakan alat elektronik berupa komputer maupun laptop dan tidak menggunakan kertas sama sekali. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi penggunaan kertas, yang juga kita ketahui bahwa untuk membuat sebuah kertas kita harus menebang hutan sebagai bahan pembuat kertasnya. Penebangan hutan yang dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan berkurangnya tanaman dalam hutan dan jika berlanjut terus maka akan berdampak pada bencana, salah satunya adalah pemanasan global. Tentunya kita tidak akan menginginkan ini terjadi khan?

Dalam website chickaholic tersedia pemantau cuaca (khususnya di Yogyakarta, Indonesia) dan suhu udara secara real time, hal ini berfungsi agar pengunjung mengetahui dan menyadari bahwa suhu udara di tempat kita tinggal semakin meningkat saja, hal ini dimaksudkan agar kita menyadari arti pentingnya konservasi hutan untuk melaksanakan ketahanan iklim di bumi kita tercinta.

Dengan adanya e-learning dalam web ini diharapkan kita bisa tetap dapat menyebarkan ilmu seluas-luasnya dengan tidak mengkesampingkan ketahanan iklim kita, karena media internet juga secara tidak langsung dapat menyampaikan ilmu kepada orang lain (hal ini akan juga bermanfaat untuk mengurangi dan mengentaskan kemiskinan masyarakat, karena ilmu tersebut dapat diaplikasikan kepada masyarakat), tanpa harus bertemu dan bertatap muka secara langsung, dan untuk melakukan tatap muka secara langsung kita akan memerlukan alat transportasi yang juga membutuhkan bahan bakar fosil yang notabene merupakan penghasil CO2 yang dapat menyebabkan efek rumah kaca dan pemanasan global.

Untuk melakukan komunikasi dengan pengunjung yang lain chickaholic memberikan link khusus yaitu forum unggas dan juga link untuk melakukan chating via yahoo mesengger yang saat ini bisa dilakukan dengan media handphone, sehingga konsumsi listrik kita dapat diminimalisir, karena konsumsi listrik yang tinggi juga akan mengakibatkan peningkatan pemanasan global, karena sudah kita ketahui di Indonesia sebagian besar pembangkit listriknya menggunakan bahan bakar fosil.

Perubahan kecil dari kita akan bermanfaat bagi kelangsungan bumi kita untuk menjaga ketahanan iklim tempat hidup, berpijak, mencari harta ilmu, dan lain-lain, yaitu bumi kita…tanpa mengurangi upaya kita untuk terus dapat belajar dan menyebarkan ilmu seluas-luasnya

Jika Anda mendukung upaya kami untuk terus menjaga ketahanan iklim dan mencegah pemanasan global, silahkan berikan komentar kepada kami, dan teruslah sebarkan ilmu Anda dengan membagikan artikel disini, yaitu melalui e-library kita. Terimakasih.

Salam, Galuh Adi Insani

Technorati Tags: ,

Kategori:Lain-lain
  1. Sabtu, 19 Juli 2008 pukul 11:14 am

    apakah flu burung itu senjata biologis negara kaya?

  2. Sabtu, 19 Juli 2008 pukul 11:45 am

    Secara berita kami belum menemukan indikasi ini mas, karena seperti data sekuel DNA permasahan virus Flu Burung, Indonesia belum pernah mendapatkan beritanya. Padahal Dinas Kesehatan di Indonesia selalu mengirimkan sampel virus ini.

    Ada komentar lain mungkin dari teman-teman?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: