Beranda > Informasi > Asal Usul WEBsite ini

Asal Usul WEBsite ini

Kamis, 25 Oktober 2007

Saya (Galuh Adi Insani = adioranye) selaku Administrator dari website ini akan menceritakan asal usul kenapa website ini saya buat.

Pada saat kuliah, sejak semester 3 (tahun 2003) saya menjadi salah satu anggota Asisten Lab. Ilmu Ternak Unggas UGM dan bertahan sampai 3 tahun lebih / sampai lulus (hampir 4 tahunan, kurang banyak seh…), selama itu saya seringkali berhubungan dengan praktikan maupun dosen tentang semua ilmu yang saya pahami dan ingin saya ketahui. Namun sayang sekali pada saat saya mencari berbagai artikel tentang peternakan unggas di Internet, hasil yang saya dapatkan sedikit sekali, bahkan nihil, sedangkan kita sendiri seringkali malas untuk mencari artikel maupun jurnal unggas yang menggunakan bahasa asing (Terus bagaimana ya solusinya?) pada tahap akhir akan saya ceritakan

Saya seringkali membaca buku di perpustakaan fakultas Peternakan UGM, namun pada saat membaca buku itu, seringkali juga saya dihampiri praktikan maupun teman yang lain (semua angkatan, bahkan angkatan diatas saya dan mahasiswa S2/S3) menanyakan tentang bagaimana caranya mencari sebuah artikel maupun jurnal unggas yang "gratis" dan cepat? Secara teknis saya tidak menerangkan cara mencarinya (rahasia), namun saya berusaha untuk mencarikannya dan memberikan artikel maupun jurnal tersebut dengan teknik "hack" ini, namun dengan syarat ini adalah pilihan terakhir dia setelah tidak menemukan apa yang dia cari selama ini di berbagai tempat. Hal ini saya lakukan bukan atas dasar, saya ingin menjaga mereka untuk terus "berkerja keras agar menjadi maju dengan mencari sendiri artikel/jurnal itu", lagipula cara saya tergolong "berbahaya", he..he.. . Di dunia maya saya mempunyai banyak teman yang akan membantu saya dalam menjalani pola pikir saya bahwa ilmu adalah milik kita bersama, sah-sah saja menjual ilmu, namun jangan terlalu komersial, itu alasan kenapa Allah menciptakan semua manusia berotak dan berakal, namun dalam hal materiil belum tentu semua orang mempunyainya dengan sama rata. Kita dituntut untuk terus "berbagi" ilmu itu. Dan upaya saya sungguh ekstrim (karena ekstrimnya saya pernah dimarah WaDek karena jumlah SKS saya 164 sedangkan lulus hanya membutuhkan 144 SKS dan saya potong menjadi 160 SKS agar saya bisa lulus, he..he…, ini karena alasan ilmu, tapi mohon jangan ditiru ya? "kebandelan" saya ini?)

Saya mencoba banyak belajar, dan terus belajar, pernah juga baca jurnal asing yang lumayan tebal bukunya, asal ilmunya bermanfaat, kenapa tidak? Salah satunya tentang IT security computer, dll secara otodidak, hingga dasar ini saya gunakan untuk membangun / membuat sebuah website yang berisi tentang dunia peternakan unggas di Indonesia, baik teori maupun praktisnya, agar pada saat Anda berusaha mencari sebuah artikel maka artikel ini dapat dengan mudah Anda dapatkan di Internet. Meskipun website beserta content ini bukan secara komersial (hosting dan doman belum secara resmi membeli sendiri), saya coba optimalkan apa yang telah ada menjadi suatu media yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Besar sekali keinginan saya untuk memiliki sebuah website yang didalamnya menyediakan sangat lengkap artikel/jurnal yang kita cari, namun tidak meninggalkan rasa senang kita (ini alasannya mengapa bahasa yang saya kemukakan merupakan bahasa keseharian kita, bukan bahasa ilmiah, agar kita lebih mudah memahami ilmu ini.)

Terus mengapa pada bagian header saya tulis WEB LAB. UNGGAS UGM ? jawabannya adalah : hal ini saya maksudkan karena saya pernah menjadi keluarga besar lab. Ilmu Ternak Unggas UGM dan upaya saya untuk berterimakasih kepada semua rekan asisten beserta dosen saya di lab Ilmu Ternak Unggas UGM tersebut, sekaligus mengajak mereka untuk terus berbagi ilmu kepada orang lain secara gratis dengan asumsi dasar saya "kita seringkali mengeluh jika kita tidak memiliki uang, oleh karena itu kita sering juga susah beramal dengan uang karena masalah itu, namun kita adalah orang yang diberi akal dan kesempatan belajar tentang sebuah ilmu. Kenapa kita tidak beramal dengan ilmu?". Dengan ini saya juga mengajak pada para pembaca yang memiliki ilmu tentang ternak unggas di Indonesia, saya mohon kesediaannya untuk berbagi artikel dengan teman-teman yang lain melalui media ini, dan jika layak untuk ditayangkan, akan segera saya tayangkan. Kirim artikel dalam bentuk file document atau pdf (tidak diproteksi untuk mengedit dan mencetak) maksimal 2 halaman A4 dan artikel dikirim ke alamat email : adioranye@mystarone.com dengan subject artikel unggas, sertakan nama pengirim, alamat, pekerjaan, no telp/fax/email (beberapa hal untuk alasan keamanan tidak saya tampilkan, misalnya no. telp, alamat rumah, dll), sertakan juga sumber artikel itu jika didapat dari sebuah buku atau pendapat orang lain.

Terimakasih.

Kategori:Informasi
