Beranda > Forum Unggas > Belajar Bersama

Belajar Bersama

Yuk kita belajar bersama!!! Disini temen-temen dapat saling diskusi satu sama lain dan belajar bersama. Ketik pertanyaan kalian di dalam comment dan temen-temen juga bisa memberikan jawaban dari teman yang lain dengan mengetik jawabannya di comment juga, have fun….

Kategori:Forum Unggas
  1. Sabtu, 23 Desember 2006 pukul 6:56 am

    Atik (kelompok 3 IPTU) ini ada jawaban dari aku yang kamu butuhkan dan sedikit aku ingat.
    Pengaruh pemuasaan dengan produksi bulu bila ditinjau dari segi hormonal adalah sebagai berikut:
    Hmmm…. benernya mau nerangin detailnya, tapi nanti ndak kamu copy paste aja, lagian nanti kamu ngga baca buku lagi, so buka buku Manajemen Ternak Unggas halaman 18 sampai dengan halaman 21 saja ya? Terus bagannya ada di halaman 20 tuh, selamat mengerjakan….!!!πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

  2. Sabtu, 23 Desember 2006 pukul 8:09 am

    Tahukah Anda?????

    Glukosa dibakar dalam sel untuk produksi panas dan energi. Hasil akhir dari pembakaran tersebut adalah panas atau energi, karbondioksida dan air. Terlalu banyak karbohidrat yang dicerna sehingga melebihi dari yang disimpan sebagai glikogen akan dirubah ke dalam bentuk lemak tubuh dan lemak telur.

    Lemak secara bertahap siambil dari peredaran darah da disimpan sebagai jaringan lemak terutama dibawah kulit, di daerah perut, sepanjang usus dan dalam telur. Lemak berfungsi sebagai persediaan cadangan panas dan energi. Pada waktu persediaan makanan tidak mencukupi maka segera setelah glikogen habis terpakaii, lemak langsung dioksidasi dengan hasil akhir yang sama seperti yang terjadi pada pembakaran karbohidrat.

    Asam-asam amino yang diserap di dalam darah digunakan untuik membangun jaringan tubuh baru, mengganti jaringan-jaringan yang aus dan untuk membentuk putih telur dan sebagian besar kuning telur. Terlalu banyak asam amino dapat digunakan untuk panas dan energi atau dirubah ke dalam bentuk lemak.

    Karbohidrat dan lemak lebih dapat digunakan untuk produksi panas dan energi daripada protein karena karbohidrat dan lemak harganya lebih murah dibandingkan dengan protein. Pencernaan dan metabolisme kedua zat tersebut, termasuk ekskresi dari hasil sisa membutuhkan sedikit tenaga daripada yang dibutuhkan protein.

    Zat-zat mineral yang diserap dalam peredaran darah dirubah kedalam tulang, digunakan untuk pembentukan kulit telur, disimpan dalam kuning telur dan digunakan dalam darah. Terlalu banyak mineral akan disimpan dalam tubuh.

    Zat-zat vitamin disimpan dalam hati dan dalam telur dan dalam jumlah yang lebih kecil disimpan dalam jaringan-jaringan lain dari tubuh. Penyimpanan vitamin yang larut dalam lemak adalah lebih besar daripada yang larut dalam air.

    Sumber : Buku Kemajuan Mutakhir dalam Ilmu Makanan Ternak Unggas,
    Prof. Dr. R. Anggorodi

  3. Sabtu, 23 Desember 2006 pukul 8:36 am

    Tahukah Anda????

    Setelah makanan yang dihaluskan bergerak melalui empedal, ke lekukan duodenal maka getah pankreatik dikeluarkan dari pankreas ke dalam lekukan duodenum. Pada waktu yang bersamaan, garam empedu alkalis yang dihasilkan dalam hati dan disimpan dalam kantung empedu disimpan dikeluarkan pula ke dalam lekukan duodenal. Garam empedu menetralisir keasaman isi usus di daerah tersebut dan menghasilkan keadaan yang alkalis. Tiga macam enzim pencernaan dikeluarkan ke dalam getah pankreas. Salah satu diantaranya adalah amilase yang memecah pati ke dalam disakarida atau gula-gula kompleks. Apabila makanan melalui usus kecil maka sukrase dan enzim-enzim yang memecah pati kedalam disakarida atau gula-gula kompleks. Apabila makanan melalui usus kecil maka sukrase dan enzim-enzim yang memecah gula lainnya yang dikeluarkan di daerah ini selanjutnya menghidrolisir atau mencerna senyawa-senyawa gula ke dalam gula-gula sederhana, terutama glukosa. Gula-gula sederhana adalah hasil akhir dari pencernaan karbohidrat.

  4. Selasa, 26 Desember 2006 pukul 9:12 am

    woi…ada informasi baru, walaupun aku yakin teman2 dah pada tau, tapi jarang yang sadar… ternyata makan ayam, telur ayam, hati ayam ternyata enak… kok bisanya, dan yang lebih mengherankan lagi.. rasa enaknya hanya akan kita rasakan hanya pada saat di mulut…setelah lewat dari tenggorokan…hilang deh rasanya. kesimpulannya apa? klo makan tu ya…yang penting adalah memperhatikan Nutrisinya…jangan terlalu banyak makanya…hidup kita bukan untuk makan kok, tp malan ini hanya untuk hidup…
    klo tidak makan bisa hidup…pasti kita banyak yang tidak makan. kemudian…makanan tidak mahallllllll bgt, untuk apa? sekali2 bolehlah…karena menurut penelitian lezatnya makanan itu hanya sampai tenggorokan…setelah itu hilang semua rasanya…trus…kalau kecernaannya bagus mungkin jadi daging…tp klo gak…? klo pd unggas jd ekskreta…

  5. Jumat, 29 Desember 2006 pukul 11:11 am

    Bagi teman-teman yang ingin tahu banyak tentang makna sesuatu, atau penelitian terbaru dari internet dapat segera klik di link web lain di ensiklopedia lengkap dalam WEB ini, manfaatkan sebaik-baiknya, karena harga sebuah buku ensiklopedia itu antara 1-10juta rupiah. Ga percaya??? Coba deh cari datanya????!!!!! :p

  6. Minggu, 4 November 2007 pukul 12:08 am

    teman2, bantuin donk cari info referensi tentang vitamin C pada unggas, baik sifatnya, kebutuhannya pada ayam, pengaruhnya klo diberikan pada ayam, kebutuhannya pada ayam, pengupannya vitamin C dan lain, klo ada minta ya? sekalian sumbernya juga dicantumi, untuk tambahan tugas akhir. mohon doanya juga semoga diberikan yang terbaik oleh Allah.amin…

  7. Rabu, 26 Desember 2007 pukul 2:14 pm

    System pencernaan
    Asesoris pencernaan pada ayam terdiri atas dua bagian, yakni hati yang menghasilkan getah empedu dan pankreas.
    Panjang alat pencernaan pada ayam sekitar 245 – 255 cm, tergantung pada umur dan jenis unggas. Prinsip pencernaan pada ayam ada tiga macam :
    1. Pencernaan secara mekanik (fisik); Pencernaan ini dilakukan oleh kontraksi otot polos, terutama terjadi di empedal (gizzard) yang dibantu oleh bebatuan (grit). Pencernaan ini banyak terjadi pada ayam yang dipelihara secara umbaran sehingga mendapatkan grit lebih banyak daripada ayam yang dipelihara secara terkurung.
    2. Pencernaan secara kimiawi (enzimatik); Pencernaan secara kimia dilakukan oleh enzim pencernaan yang dihasilkan: (1) kelenjar saliva di mulut; (2) enzim yang dihasilkan oleh proventrikulus; (3) enzim dari pankreas; (4) enzim empedu dari hati; dan (5) enzim dari usus halus. Peranan enzim-enzim tersebut sebagai pemecah ikatan protein, lemak, dan karbohidrat.
    3. Pencernaan secara mikrobiologik (jumlahnya sedikit sekali) dan terjadi di sekum dan kolon. Secara umum pencernaan pada unggas meliputi aspek:
    β€’ digesti yang terjadi pada paruh, tembolok, proventrikulus, ventrikulus (empedal/gizzard), usus halus, usus besar, dan ceca;
    β€’ absorpsi yang terjadi pada usus halus (small intestinum) melalui vili-vili (jonjot usus);
    β€’ metabolisme yang terjadi pada sel tubuh yang kemudian disintesis menjadi protein, glukosa, dan hasil lain untuk pertumbuhan badan, produksi telur atau daging, pertumbuhan bulu, penimbunan lemak, dan menjaga/memelihara tubuh pada proses kehidupannya.
    β€’ Glukosa dibakar dalam sel untuk produksi panas dan energi. Hasil akhir dari pembakaran tersebut adalah panas atau energi, karbondioksida dan air. Terlalu banyak karbohidrat yang dicerna sehingga melebihi dari yang disimpan sebagai glikogen akan dirubah ke dalam bentuk lemak tubuh dan lemak telur.

    semoga informasinya bermanfaat,key………….

  8. THORIQ
    Selasa, 1 Januari 2008 pukul 4:21 pm

    pa kabar temen2 lab unggas tercinta??
    alhamduliilah berkat buka2 internet untuk cari bahan buat nglengkapin tugas KPI, aku bisa liat website punya tmen2 lab unggas dan tugasku sedikit terselesaikan hanya perlu cari referensi lain biar lebih bagus
    wah ternyata lab inggas bertambah maju and baik di tangan adik2ku semua
    maju dunia perunggasan
    suatu saat kita kumpul2 lagi maem di WS seperti dulu
    Keep the Fighting Spirit

  9. Minggu, 13 Januari 2008 pukul 9:18 pm

    mas thoriq,ayo ke ws lg bareng temen2

  10. Minggu, 13 Januari 2008 pukul 9:19 pm

    buat temen2 asisten 2002 piye kbre?

  11. Minggu, 13 Januari 2008 pukul 10:06 pm

    Halo mel…. wah kalau aku kabar baek… he..he.. (aku khan asisten angkatan 2002 juga ye..), kok lama nggak nongol neh mel? Kabar ente gimana??? Kalau ada kesempatan buat artikel dong biar bisa kita bagi-bagi ke temen yang lain, so biar ngurangin kerjaan gw juga ;p soalnya single fighter neh buat & ngelola neh website…….tapi ingat no profit oriented ya???

    Kapan-kapan reuni ya….?
    Sekalian tuh mas toriq, kita ke WS lagi…. dah ah ini bukan tempat curhat, yang penting yuk kapan-kapan kita ngumpul lagi.

  12. Jumat, 18 Januari 2008 pukul 9:48 am

    wah2…dasar!!! orang2 tua lab unggas. semoga sukses selalu.

  13. qq
    Senin, 7 Juli 2008 pukul 5:43 pm

    punya literatur ttg : lemak terutama terdapat dibawah kulit????
    thx….

  14. Selasa, 8 Juli 2008 pukul 8:30 pm

    Artikel yang qq maksud bisa didapatkan di id.wikipedia.org, coba cari dahulu disana, saya sebenernya ada tapi dalam bentuk hardcopy atau buku, jadi mau sharenya juga susah.
    Mungkin qq juga bisa temukan dengan cara mencari di google terlebih dahulu.
    Mohon maaf jika belum bisa bantu, karena banyak artikel yang berkaitan dengan lemak subcutan, jadi mana yang qq maksud, saya juga belum tahu.

  15. Choco
    Rabu, 18 Februari 2009 pukul 7:02 pm

    Aq mau nanya gemana cara menentukan jenis kelamin unggas terutama itik dan ayam yg baru menetas. Tolong kalo punya artikel tentang beternak unggas kirim ke email saya. Tanks

  16. Rabu, 5 Februari 2014 pukul 1:40 pm

    Hello this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use
    WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding experience so I
    wanted to get advice from someone with experience.
    Any help would be greatly appreciated!

  17. Rabu, 5 Februari 2014 pukul 1:54 pm

    Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book
    in it or something. I think that you could do with a few pics
    to drive the message home a little bit, but other than that, this is excellent blog.

    A fantastic read. I will definitely be back.

  18. Rabu, 5 Februari 2014 pukul 2:43 pm

    Hi there just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your content seem to be running off the screen in Opera.
    I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility
    but I figured I’d post to let you know. The style and design look great
    though! Hope you get the problem fixed soon.
    Many thanks

  19. Rabu, 5 Februari 2014 pukul 3:08 pm

    Heya i am for the primary time here. I came across this board and I to find It truly helpful &
    it helped me out much. I’m hoping to give
    one thing again and help others such as
    you helped me.

  20. Jumat, 7 Februari 2014 pukul 12:29 am

    Excellent goods from you, man. I’ve bear in mind your stuff previous to and
    you’re just extremely great. I really like what you have received right here, really
    like what you’re stating and the best way during which
    you say it. You are making it entertaining and you continue to care for to keep it smart.
    I cant wait to learn much more from you. That is actually a terrific
    site.

  21. Minggu, 28 Agustus 2016 pukul 8:46 am

    sean david morton

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: